• 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
  • 6
  • 7
  • 8

Garden News

Belajar dari Kebun Raya Beijing


6/09/2012.  Cara terbaik untuk menghilangkan penat di tengah padatnya kota Beijing serta tingginya polusi udara di sana ialah dengan berkunjung ke Kebun Raya Beijing yang terletak di jalan Wofo Si, Xiang Shan, Distrik Haidian sekitar 23 km dari pusat kota Beijing. Akses menuju Kebun Raya Beijing dapat dicapai dengan menggunakan kendaraan umum seperti Bus dan Metro Subway.


Banyak tempat menarik di dalam kawasan Kebun Raya Beijing yang patut untuk dikunjungi dan di adopt konsep penataan kawasannya, diantaranya Wofo Temple (Kuil Buddha Tidur), Kebun Peach Ornamental, Lembah Cerry, Arboretum, Kebun Penjing, Konservatorium (rumah kaca besar) dan museum yang memamerkan barang-barang antik seperti lukisan Tiongkok, dan baju kuno kerajaan Tiongkok, serta fosil-fosil hewan langka. Khusus untuk Wofo Temple dan Konservatorium dikenakan biaya masuk tambahan diluar tiket yang harus dibayar sebesar 15 RMB (Rp. 15.000,-).


Pengelolaan Kebun Raya Beijing lebih menitikberatkan pada penataan kawasan dan taman yang dikombinasikan dengan pamandangan alam pegunungan dan aliran sungai untuk menarik minat pengunjung. Terlihat bahwa jumlah pengunjung yang memadati Kebun Raya Beijing cukup tinggi, didominasi oleh kalangan lansia dan keluarga yang menghabiskan waktu dengan bersantai dibawah pohon dengan menggelar tikar di pelataran lapangan rumput. Banyaknya restaurant, toko, dan penjual makanan instant semakin memudahkan pengunjung untuk menghabiskan waktu seharian di Kebun Raya Beijing tanpa merasa kesulitan untuk mencari makanan.


Keragaman jenis tanaman koleksi umum di luar konservatorium, jika dibandingkan dengan Kebun Raya di Indonesia masih kalah jauh. Meskipun luasnya hanya 56 ha dan didirikan pada tahun 1955, Kebun Raya Beijing telah berhasil mengkoleksi 6000 jenis tanaman yang terdiri dari 2000 jenis pohon dan perdu, 1640 varietas tanaman tropis dan subtropis, 500 species tanaman bunga (di dominasi jenis hybrid), dan 1900 jenis tanaman buah, tanaman air dan tanaman obat China. Sebagian besar tanaman yang ada di Kebun Raya Beijing belum memiliki papan nama lengkap dengan nomor register seperti halnya Kebun Raya yang ada di Indonesia.


Pelajaran berharga yang dapat di petik dari Kebun Raya Beijing adalah bagaimana Kebun Raya di Indonesia dapat menata kawasan menjadi zonasi yang menarik, menata taman dengan ide kreatif, menonjolkan sejarah Kebun Raya dari masa ke masa dalam bentuk museum dan mengupayakan pelestarian tanaman tropis dengan membangun konservatorium yang sangat besar. Hal tersebut dapat menjadi studi perbandingan dalam pengelolaan Kebun Raya di Indonesia khususnya Kebun Raya Bali yang akan memasuki jenjang usia ke-53 dan berharap rencana pembangunan konservatorium bisa cepat terealisasi. (Wawan Sujarwo)



[ Kembali ]
Warning: mysql_num_rows() expects parameter 1 to be resource, boolean given in /home/krbali/public_html/garden_newsall.php on line 192
<< First | < Previous | Next > | Last >>