• 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
  • 6
  • 7
  • 8

Garden News

Workshop Wisata Pendidikan Lingkungan


5/01/2013.  Workshop wisata pendidikan lingkungan dilaksanakan di Kebun Raya "Eka Karya" Bali pada tanggal 11 September 2012, yang diikuti oleh para guru dari tingkat SD, SMP, SMU, pejabat Dinas Pendidikan dari kabupaten Buleleng dan Tabanan, Kodya Denpasar dan Dinas Pendidikan Provinsi Bali. Workshop ini merupakan rangkaian kegiatan yang didanai oleh Kementerian Riset dan Teknologi (RISTEK), dalam program Insentif Peningkatan Kemampuan Peneliti dan Perekayasa (PKPP) tahun 2012. Kegiatan dengan tema "Pengembangan Model dan Destinasi Wisata Pendidikan Lingkungan di Kebun Raya "Eka Karya" Bali" ini diketuai oleh Dyan Meiningsasi Siswoyo Putri, S.Si.



Kegiatan workshop pendidikan lingkungan tersebut dilaksanakan dalam tiga tahapan. Pada etape pertama, perwakilan guru dari tiap sekolah dibagi dalam tiga kelompok diskusi sesuai dengan materi dari jenjang sekolah masing-masing, yaitu kelompok SD, SMP, dan SMU. Diskusi ini bertujuan untuk menyempurnakan draft modul wisata pendidikan lingkungan berjudul "Keanekaragaman Hayati" yang dibuat oleh panitia dan telah disesuaikan dengan kurikulum sekolah yang berlaku saat ini. Peserta workshop pun menilai beberapa item yang telah terangkum dalam modul juga sering muncul dalam ujian akhir sekolah. Sehingga hal ini relevan dengan tujuan workshop yaitu tersusunnya modul yang berkualitas untuk mendukung fungsi pendidikan di Kebun Raya Bali.



Selepas diskusi di Gedung Nayaka Loka, peserta kemudian diajak studi lapangan untuk melihat langsung tumbuhan koleksi Kebun Raya Bali yang dibahas dalam modul yang nantinya akan digunakan oleh para Tutor. Para Guru diajak melihat koleksi tumbuhan yang ada, misalnya koleksi begonia, palem, anggrek, kaktus, tumbuhan obat, dan koleksi yang lain.



Dua minggu kemudian, tepatnya pada 26 September 2012 diselenggarakan workshop tahap kedua, yang bertujuan untuk menyampaikan materi modul yang sudah direvisi dan disesuaikan dengan kurikulum sekolah pada saat workshop pertama, kepada para tutor Kebun Raya "Eka Karya" Bali.



Para tutor terdiri dari Pranata Humas dan Peneliti. Materi tingkat SD disampaikan oleh Tri Warseno, S.Si, materi SMP oleh Dyan Meiningsasi Siswoyo Putri, S.Si dan materi SMU disampaikan oleh Dr. Bayu Adjie. Selain penyampaian materi, juga dijelaskan mengenai rute perjalanan yang akan ditempuh pada pelaksanaan simulasi Wisata Pendidikan Lingkungan.



Rangkaian terakhir dari workshop pendidikan lingkungan ini adalah uji coba modul yang diselenggarakan pada tanggal 11 Oktober 2012. Simulasi ini diikuti oleh beberapa perwakilan sekolah diantaranya: SDN 01 Candikuning, SD Mutiara Singaraja, SMP N 1 Baturiti, SMP Saraswati Tabanan, SMPK Harapan Denpasar, SMUN 4 Denpasar dan SMUN 1 Singaraja. Masing-masing sekolah tersebut mengirimkan 5 siswa dan didampingi oleh guru. Para siswa diajak berkeliling kebun raya oleh para tutor, sesuai rute untuk masing-masing tingkat sekolah sambil mengisi LKS yang ada di dalam modul. Acara ditutup dengan pemberian kenang-kenangan berupa bibit tumbuhan langka untuk masing-masing sekolah seperti: Dicksonia blumeii (Paku Kidang), Dysoxyllum caulostachium (Majegau), dan Syzigium polyanthum. (salam). (I Made Raharja Pendit)



[ Kembali ]
Warning: mysql_num_rows() expects parameter 1 to be resource, boolean given in /home/krbali/public_html/garden_newsall.php on line 192
<< First | < Previous | Next > | Last >>