• 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
  • 6
  • 7
  • 8

Garden News

Mekarnya Koleksi Sakura KR Bali


23/09/2013.  Pohon sakura yang dikenal sebagai bunga nasional Jepang berhasil dikoleksi di Kebun Raya "Eka Karya" Bali sejak tahun 1959 dan tahun 1984. Koleksi sakura tersebut berasal dari Himalaya dan California yang merupakan hasil kerjasama dalam hal pertukaran material koleksi tumbuhan antara Kebun Raya "Eka Karya" Bali melaui Kebun Raya Bogor, dengan International Botanical yang ada. Populasi sakura terbanyak ada di Jepang dan tidak kurang dari 15 jenis sakura yang ada di negera tersebut diantaranya termasuk jenis sakura hybrid. Beberapa jenis sakura yang terkenal di Jepang dan merupakan jenis yang dilindungi antara lain; Edohigan ishiwarizakura dan yamadakashinyozakura. Kedua jenis ini memiliki warna bunga yang menarik dan mekarnya relatif lebih lama dibandingkan dengan jenis lainnya. Jika dilihat dari klasifikasinya, sakura memiliki kekerabatan dekat dengan tanaman mawar (Rosa).



Kebun Raya Bali memiliki dua jenis koleksi sakura yaitu Prunus puddum Roxb. ex Wall. dan Prunus campanulata Maxim. yang ditanam pada areal taman Rhododendron dan taman Aquatik. Selain sebagai tanaman koleksi yang ditata dan dirawat secara rutin, juga sebagai pelengkap vegetasi taman (landscape) di areal tersebut. Sebanyak 6 pohon dari dua jenis sakura koleksi Kebun Raya Bali tersebut tingginya 6 - 7 m, dengan percabangan yang rindang. Bentuk percabangan (kanopi) lebar sakura tersebut sebagai ruang pertumbuhan bunga yang tersebar di seluruh percabangan, sehingga bunga kelihatan semarak menghiasi kanopi pohonnya. Musim berbunga Sakura di Kebun Raya Bali biasanya jatuh pada bulan April - September. Pada bulan-bulan ini para pengunjung dapat melihat langsung kuntum bunga sakura berwarna pink (Prunus puddum) dan merah keunguan (Prunus campanulata). Umumnya bunga sakura mekar selama 7-10 hari dari mulai terbukanya kuncup bunga. Akan tetapi bunganya akan lebih cepat gugur jika terguyur hujan. Setelah bunga berguguran, baru kemudian tumbuh organ vegetatifnya berupa tunas-tunas daun pada ranting pohon.



Seperti umumnya pada jenis-jenis tumbuhan lainnya, pertumbuhan dan perkembangan sakura sangat dipengaruhi oleh iklim. Hal tersebut yang menjadi salah satu penghambat pertumbuhan dan perkembangan generatif sakura koleksi Kebun Raya Bali, sehingga pembungaannya belum bisa optimal seperti habitat aslinya di Jepang. Meskipun demikian, koleksi pohon sakura tersebut merupakan salah satu upaya Kebun Raya "Eka Karya" Bali dalam konservasi tumbuhan, memperkaya koleksi tumbuhannya yang juga bermanfaat untuk mendukung pelayanan wisata dan pendidikan bagi masyarakat. (I Made R. Pendit)


[ Kembali ]
Warning: mysql_num_rows() expects parameter 1 to be resource, boolean given in /home/krbali/public_html/garden_newsall.php on line 192
<< First | < Previous | Next > | Last >>